20 October 2012

Mengelas dengan Gas LPG




IW ingin agar proses pengelasan dapat dikerjakan sendiri. Ini dilakukan sebagai bentuk pembelajaran semata. IW bisa mengelas juga rupanya. Dulu ketika masih bekerja di sebuah pabrik, IW sering melakukan sendiri proses pengelasan listrik.

Untuk melakukan modifikasi pada RX Spesialnya menjadi trail, IW butuh proses pengelasan. Proses itu bila dikerjakan di bengkel las, selain membutuhkan biaya, kadang sulit mencari tukang las. Mereka rata-rata sibuk dengan order besar, sehingga order kecil seperti modifikasi akan "dicuekin" oleh tukang las.

Persoalan muncul dengan peralatan las. Las karbit yang dibutuhkan IW membutuhkan banyak sekali peralatan, mulai dari tabung oksigen, tabung gas bakar, selang dan welder.

Selain itu metode las karbit dengan bahan gas Asetilen ( dari kata “acetylene”, dan memiliki rumus kimia C2H2 ) cukup merepotkan karena bahannya dibeli dalam jumlah banyak.

Metode lain adalah dengan tabung gas LPG (propane). Dibawah ini perbandingan proses pengelasan dengan berbagai macam gas:




Dengan Gas LPG, mungkin proses pengelasan dapat dilakukan sendiri oleh IW.