15 August 2012

Jualan Harus Sabar

Ilustrasi Jualan



Jualan itu mengasyikkan. GUE dapat berinteraksi dengan pembeli, menanyakan produk yang GUE jual, respon mereka terhadap produk yang GUE jual dll.

Tapi memang berat ketika GUE membangun sebuah bisnis. Meskipun jualan di pinggir jalan, kesannya ecek-ecek tetapi itu adalah latihan GUE untuk menuju sebuah bisnis yang besar.

Tidak ada didunia ini seorang entreprenur yang sukses langsung dengan modal besar. Semua bermula dari kecil, ketika bisnis itu membesar, maka tantangan buat mempertahankannya.

Membuat bisnis mudah, yang sulit me-maintenance bisnis itu. Kalau nggak pinter-pinter memutar modal karena sepi pembeli, bisnis nggak akan bertahan lama.

Bagaimana me-maintenance bisnis kita, yang utama SABAR, walaupun nggak ada yang beli, jangan terburur-buru memutuskan bahwa jualan kita nggak laku. Cari tahu mengapa nggak ada pembeli, faktor apa saja yang membuat pembeli nggak mau datang. Kalau ternyata produk nggak disukai, drop saja, ganti yang baru. Coba lagi dan coba lagi.

Kuncinya mesti SABAR.