23 August 2012

Genset





Sudah lama GUE ngidam pengen punya GENSET. Peralatan yang dapat membangkitkan listrik 220 Volt. Genset yang GUE idamin, akhirnya dapat juga. Genset itu buat menggerakkan blender POP ICE dan penerangan lampu pada malam hari. Dengan punya genset, GUE bisa jualan malam lagi.

Kemarin, genset kesayangan GUE, ngadat! Usut punya usut ternyata karburatornya kotor. Yah maklum, tempat GUE jualan, selain berdebu, anginnya kencang. Karburator itu kotor karena debu yang dibawa angin itu masuk ke dalam.

Dan GUE terpaksa harus membongkar genset kesayangan GUE. Setelah membongkar tangki bensinnya, GUE mulai copot semua baut-baut penyangga karburator.

GUE bersihkan dengan bensin. Packingnya GUE ganti yang baru karena packing lama, rusak kalau dicopot.

Busi, GUE bersihkan dengan digosok dan dicuci pakai bensin. Selesai dah. Genset sudah bisa dipakai lagi.

LOE pernah bongkar genset? Kalau belum coba dong, kalau LOE ngandalin tukang genset, service genset pada mereka, 3 hari baru selesai. Padahal kalau dibongkar sendiri cuma butuh waktu 1 jam saja. Nggak pakai ongkos, cuma beli packing aja. Prinsip kerjanya persis sama dengan sepeda motor. Hanya saja, putaran genset itu menggerakkan motor dinamo sehingga keluar strum 220 Volt.

Nah, kalau nggak tahu dan belum pernah bongkar genset, do it, coba. Salah nggak apa-apa yang penting jangan fatal. Sebelum membongkar, tanya-tanya dulu. Cari referensi cara kerjanya, setelah yakin, bongkar aja, Gampang kok!