17 August 2012

Hutang

http://strategimanajemen.net



Hidup di dunia ini, manusia nggak lepas dari hutang. Ada 2 hutang yang menjadi tanggungan manusia. Pertama hutang materi dan immateri.

Hutang materi termasuk hutang duit, hutang kartu kredit, hutang pinjaman bank, hutang cicilan motor, hutang cicilan rumah dan sebagainya, sedang hutang immateri seperti hutang budi, dan sejenisnya.

Nah, GUE juga nggak lepas dari hutang, hutang GUE sekarang berjumlah Rp 17.500.000,- terdiri dari hutang sama kakak GUE sebesar Rp 12.500.000,- dan hutang pada almarhum Pakde GUE sebesar Rp 5.000.000,- sedang hutang lainnya dalam skala kecil-kecil, ada yang 500 rb ada yang 100 rb dll.

Ketika GUE terpuruk, GUE mikir 1000 kali buat bayar hutang itu. GUE nggak tahu gimana caranya membayar hutang GUE. GUE kadang sharing dengan pelanggan GUE soal itu. Ada cerita seorang pedagang kain yang bangkrut meninggalkan hutang Rp 40 juta, terus dia bisa bangkit dan dapat melunasi hutang itu. GUE kadang mikir juga apa iya bisa kayak orang itu ya? Memang pengalaman orang berbeda-beda. Ustad Mansur, kyai kondang di ANTV, pernah punya hutang milyaran tapi kemudian bisa melunasi hutang itu.

Kadang kita pesimis dengan kemampuan kita, tapi kita lupa dengan kekuatan dibalik itu. Kekuatan kecil yang bisa membangkitkan semangat kita buat melunasi hutang. Allah, Maha Mendengar. Allah tahu semuanya.

Selain itu GUE sekarang punya banyak hutang budi pada orang-orang yang menolong GUE ketika mengalami STRESS berat setelah difitnah.

GUE juga mikir, bagaimana GUE membalas budi baik mereka. Semoga Allah juga mendengar doa GUE dan memberi perlindungan pada mereka yang telah membantu GUE bisa hidup lagi sampai sekarang.

Semoga semuanya cepat berlalu, Insyaallah Ada Jalan........ Maher Zein.