28 July 2012

Hikmah Ramadhan

Bulan suci Ramadhan datang setiap tahun. Umat muslim melakukan puasa untuk membersihkan diri dari belenggu dosa yang pernah dilakukannya. Allah memberi kesempatan setiap umatnya untuk taat melakukan puasa, membersihkan diri secara lahiriah dan bathiniah.

Secara lahiriah, ahli medis dan kesehatan membenarkan bahwa puasa dapat membuat tubuh lebih sehat, mengistirahatkan kerja tubuh setelah bekerja berat dalam waktu yang lama. Ibarat sebuah mesin, tubuh ini perlu juga di maintenance.

Secara bathiniah, ahli agama membenarkan bahwa tubuh ini perlu mendapatkan asupan bathiniah yang lebih baik daripada bulan-bulan sebelumnya. Dengan memberi asupan bathiniah di bulan Ramadhan, tubuh yang terdiri dari unsur "hardware" dan "software" menjadi lebih baik keadaannya daripada sebelumnya.

Hidup berjalan dari waktu ke waktu, setiap kehidupan punya warna. Demikian juga setiap manusia yang menjalani kehidupan ini juga memiliki warnanya masing-masing.

Apapun yang terjadi pada kehidupan kita, baik atau buruk, suka atau tidak suka, menyenangkan atau menyedihkan, itulah warna kehidupan.

Berbahagialah kita apabila dalam hidup kita hanya sedikit warna gelap yang menyelimuti perjalanan hidup ini, namun demikian bila kita terpaksa harus menghadapi kehidupan gelap, hadapilah dengan sabar. Karena hanya itulah yang bisa kita lakukan. Allah menguji kesabaran kita. Berapa lama? Kita hanya bisa memohon agar kegelapan itu segera berakhir.

Semoga kehidupan yang kita hadapi mendapat Rahmat dari Sang Khaliq. Amin.