02 July 2011

Bergelut Dengan Hutang Di TransTV (2)

Setelah wawancara terdahulu seputar kesulitan hidup IW yang sedang bergelut dengan hutang-hutangnya,kini kita ungkap juga kesulitan usahanya.

Seperti sudah Anda ketahui bahwa IW sekarang membuka usaha kuliner dengan berjualan Siomay serta Es Doger di pinggir jalan.

Siomay dan Es Doger yang IW jual sudah terkenal luas bahkan hingga ada seorang pengusaha resto yang ingin menjalin kerjasama dengan IW membuka resto siomay di Pamekasan Madura.

Pengusaha itu menempuh perjalanan jauh hingga 7 jam melewati jembatan prestisius di Jawa yaitu SuroMadu Bridge yang di resmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono.

Kita coba menggali apa dan bagaimana bisnis IW sekarang dan apa kesulitan yang dihadapinya.

Mari kita simak wawancara eksklusif bersama korban fitnah Direktur Utama TransTV Wishnutama di sebuah tempat yang kami rahasiakan.

Tanya: Mas boleh ceritakan bagaimana Anda memulai bisnis Siomay dan Es Doger.

Jawab: Mulanya karena kejepit,saya tidak punya apa-apa dan keluarga butuh makan,biaya serta keperluan sekolah anak-anak.Target saya waktu itu dengan recovery ekonomi adalah keluarga saya musti bisa makan dulu.Kemudian kebutuhan lainnya menyusul dengan entah cara apa.

Ketika proses Pemutusan Hubungan Kerja di perusahaan keramik tempat kerja saya,saya butuh banyak biaya sehingga banyak lagi barang-barang yang saya jual seperti motor dll.

Untung waktu itu bulan Juni hingga Desember 2009,proses PHK saya yang diajukan ke Pengadilan Hubungan Industrial di Surabaya berjalan dengan lancar meskipun diwarnai dengan suap menyuap di Pengadilan itu.

Tanya: Wah menarik nich Mas,bagaimana bentuk suap menyuap itu?

Jawab: Secara teknis,pengacara saya yang memang background nya Sarjana Hukum sempurna menyampaikan gugatannya dibanding dengan wakil dari Perusahaan Keramik itu yang tidak menguasai soal hukum.Maklum yang diutus Perusahaan itu levelnya setingkat koordinator HRD jadi ketika fight di pengadilan banyak jawaban-jawaban yang tidak relevan.

Pernah sebuah skenario kotor terjadi.Si koordinator itu ketika menghadiri sidang,tidak membawa jawaban atas gugatan pengacara saya.Kemudian hakim ketika itu meminta koordinator itu untuk membuat jawaban dan diserahkan ke hakim di hari bukan sidang.Dan ketika wakildari perusahaan itu datang membawa jawaban itu,hakim minta angpao.

Hak ganti rugi saya dipotong.Uang masa skorsing yang nilainya jutaan,pindah ke hakim itu dan masa skorsing saya dianulir oleh hakim,padahal ketika sidang itu dilaksanakan,saya masih dalam masa skorsing.

Tanya: Anda rela uang masa skorsing itu dimakan hakim?

Jawab: Yah mau apa lagi,inilah negara kita yang bobrok.Saya cuman berdoa mudah-mudahan hakim itu masih mendapat lindungan dari Allah SWT.

Tanya: Apa hikmah PHK itu bagi Anda?

Jawab: Allah Maha Besar.Saya diberi sebundel putusan PHI dengan background kasus yang terjadi.Saya dizalimi.Saya akan menggunakan salinan putusan itu bila terjadi sesuatu pada saya dan keluarga.

Tanya: Contohnya seperti apa Mas?

Jawab: Misalnya anak saya sakit dan butuh berobat di Rumah Sakit,saya akan sodorkan salinan putusan PHI itu untuk pertimbangan keringanan biaya berobat.

Ketika saya berurusan dengan pihak Sekolah mengenai biaya-biaya sekolah,saya juga sodorkan salinan putusan PHI itu.Dan hasilnya saya mendapat dispensasi waktu membayar.Saya boleh membayar kapan saja kalau saya punya uang.

Tanya: Kembali ke usaha Mas,bagaimana memulainya?

Jawab: Dengan uang PHK itu setelah bayar hutang sana-sini tersisa Rp 200 ribu.Istri sudah kalut dan memang saya sengaja.Ketika terjepit baru saya todong dia."Kalau kamu gak mau jualan,malu jualan di pinggir jalan besok kita gak makan!" begitu ancaman saya pada istri saya.

Saya kemudian membuat rombong atau gerobak Siomay dan mengumpulkan alat-alat yang diperlukan.Setelah gerobak jadi saya buat,kemudian kita mencari hari yang baik serta lokasi jualan.

Awalnya saya cuman jualan Siomay dan trik saya,saya menggandeng seorang penjual Es Buah Rumput Laut dari Tasik.Sambil jualan sama-sama saya juga mencari pelanggan melalui Es Buah Rumput Laut yang kebetulan jualannya rame.

Jadilah Siomay saya juga ikut kondang bersama-sama dengan Es Buah Rumput Laut.

Kemudian setelah kondang,saya memisahkan diri mencari tempat baru dekat rumah.Nah setelah pindah itulah saya kemudian tambah dengan Es Doger Rasa Buah.

Tanya: Ketika itu jualannya bagus?

Jawab: Saya salah langkah.Ketika jualan pertama saya buka istri saya ngotot supaya jualannya jangan mahal-mahal.Waktu itu harga seporsi Siomay pasarannya Rp 5.000,-.Siomay saya Rp 3.500,-.

Dengan harga segitu jualannya lancar.Tapi untungnya tipis.Dan ketika turun hujan kita tidak ada persediaan modal.Sering kolaps.Kalau sudah begitu minta tolong saudara-saudara.Modal masuk Rp 100 ribu saja sudah jalan lagi hingga 3 bulan kemudian kalau kolaps suntik lagi dengan modal begitu seterusnya.

Tanya: Dengan kondisi sekarang bagaimana?

Jawab: Sekarang sudah agak baik,saya tidak terlalu ngotot karena tenggang waktu jualan kaki lima atau bisnis retail menurut buku yang saya baca sekitar 2-3 tahun.Nah saya baru jalan 1,5 tahun dan lumayan bisa menghidupi keluarga.

Tanya: Berapa modal dan keuntungan Mas?

Jawab: Ada 2 item jualan saya.Siomay dan Es Doger.Masing-masing saling menunjang.Artinya kalau Siomay lagi sepi,Es Doger yang ambil peran,begitu sebaliknya kalau Es Doger lagi sepi karena mendung atau hujan maka Siomay yang mengangkat jualan.

Pusingnya kalau duanya-duanya gak laku,besok cuman bisa buat makan doang,gak bisa kulakan lagi.Kalau sudah begitu namanya kolaps jadi minta-minta lagi.

Kalau modal gak besar.Rp 100 ribu sudah bisa buat Siomay dan Es Doger.Kalau jualan bagus nanti pendapatannya antara Rp 125 ribu sampai 150 ribu.Kadang bisa lebih.

Tanya: Dengan keuntungan Rp 25-50 ribu bagaimana mengatur keuangan?

Jawab: Di Desa uang segitu agak besar.Namun desa saya itu agak-agak kota sehingga biaya hidupnya juga tinggi.Saya setiap hari minimal harus dapat Rp 25 ribu.Kalau ada lebih nanti lebihnya buat simpanan kalau jualan sepi.Kalau ada lebih lagi ya buat bayar listrik.

Tanya: Hari-hari apa yang rame buat jualan Mas?

Jawab: Setiap hari lumayan rame, hanya kalau mendung atau hujan itu sudah pasti sepi.Trus tanggal tua juga sepi kemudian kalau masa anak-anak sekolah juga sepi.

Tanya: Nah kalau banyak sepinya bagaimana?

Jawab: Itu pintar-pintanya kita mengatur keadaan.Lokasi jualan saya sekarang khan dekat sungai.Kemudian ada lapangan desa yang sering dipakai buat pasar malam.Nah ketika ada even-even seperti itu harga jualan , saya naikkan.Setelah selesai acara,harga saya kembalikan lagi supaya pelanggan gak lari.

Tanya: Asik juga belajar berdagang sama Mas,dan tahan dulu ya Mas ceritanya.Ini ilmu yang gak ada bukunya Mas.Kata orang pengalaman adalah guru yang paling baik.

Kita sudahi dulu wawancara ini,rupanya ada ilmu yang bakal kita dapat dari Mas IW seputar bagaimana berjualan.Ilmu ini sulit carinya kalau tidak di BLOG ini.

DEMI RASA KEMANUSIAAN MARI KITA BANTU EKONOMI MAS IW,MUDAH-MUDAHAN AMAL BAPAK/IBU DAN SAUDARA PEMBACA BLOG INI MENDAPAT RAHMAT DAN DILANCARKAN REJEKINYA.AMIN

KIRIMKAN SUMBANGAN KEPEDULIAN ANDA MELALUI KANTOR POS:

DATANG KE KANTOR POS KIRIMKAN SUMBANGAN ANDA KE ALAMAT IW.BAPAK/IBU ATAU SAUDARA AKAN MENDAPAT NOMOR NTP DAN PIN YANG KEMUDIAN SMS KE NOMOR HP IW ATAU


KIRIMKAN SUMBANGAN KEPEDULIAN ANDA MELALUI BCA PAYCASH:

DATANG KE KANTOR BCA KIRIMKAN SUMBANGAN ANDA KE ALAMAT IW.BAPAK/IBU ATAU SAUDARA AKAN MENDAPAT NOMOR PIN YANG KEMUDIAN SMS KE NOMOR HP IW


TO BE CONTINUE....................