21 November 2013

Membuat teleskope (telescope) kamera (camera) dengan HP China, khusus ASTRONOMI Bagian 2

Banyak yang bisa dikembangkan dengan Teleskope ber-kamera
Setelah Anda membaca topik Membuat teleskope (telescope) kamera (camera) dengan HP China, khusus ASTRONOMI pada bagian 1, Mas IW juga ingin memberi tambahan bahwa dengan adanya kamera HP China di Teleskope Anda, maka Anda dapat berbuat lebih banyak dengan Teleskope tersebut.

Selain Anda bisa merekam pengamatan Anda ke dalam sebuah DEVICE entah itu Laptop, PC atau HP Anda, Anda juga bisa melakukan perubahan-perubahan pada TRIPOT yang Anda miliki.

Benda di luar angkasa itu selalu bergerak sehingga Anda membutuhkan tripot yang mampu melakukan AUTO TRACKING pada benda tersebut.

Nah dengan membuat sebuah program yang bisa meng-capture video nya, Anda juga bisa membuat gambar benda yang Anda tangkap dengan teleskope ber-kamera itu bisa melakukan tracking dengan bantuan software.

Dengan men-track gambar benda itu, kemudian Anda tambahkan MOTOR penggerak atau MOTOR SERVO di tripot Anda, maka tripot Anda bisa dikontrol oleh gambar yang Anda tangkap itu, sehingga pengamatan Anda lebih baik lagi.

Sayangnya Mas IW gak bisa menunjukkan ini untuk Anda karena bahan-bahan seperti MOTOR SERVO dll sangat mahal dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dengan keterbatasan dana, Mas IW kadang PUTUS ASA untuk mengembangkan ide-ide nya walaupun ide sederhana sekalipun.

Selain itu, akibat stress di tahun 2006 dan jatuh dari motor di Tuban pada tahun 2007, kepala Mas IW sudah gak bisa lagi dipakai mikir yang berat-berat seperti membuat program komputer.

Kalau dipakai mikir yang rumit-rumit, kepala Mas IW langsung PUSING. Makanya Mas IW gak mencari pekerjaan lagi di kantor, berat mikirnya, kata Mas IW. Dengan jualan Siomay, mikirnya agak lebih sederhana dan gak membutuhkan konsentrasi otak yang berlebihan.

Semoga saja ada ASTRONOM yang punya dana dan penguasaan software yang mampu menunjukkannya pada Anda bagaimana sebuah gambar di layar laptop dapat melakukan kontrol tracking pada tripot dan mengikuti terus proses penangkapan gambar pada benda di luar angkasa itu.


Oh iya, Mas IW ingin menunjukkan video yang didapatkan dengan menggunakan  CAMERA HOLDER TO TELESCOPE rancangan sederhana Mas IW, dalam video ini kalau Anda mendapati terjadi kelebihan cahaya pada penangkapan obyek luar angkasa, halangi kamera Anda dengan kaca film atau film bekas photo klise :

video

 Video untuk SETTING Camera Holder To Telescope, software yang dipakai VIDEO MAKER dari Microsoft. Rekam hasil Tele Anda ke MOVIE MAKER. Dapatkan pengalaman baru menjelajah ALAM SEMESTA dengan CAMERA HOLDER TO TELESCOPE rancangan Mas IW.

AYO SUKA ASTRONOMI ! 
JAGAT INI MAHA LUAS. KITA HARUS TAHU ASTRONOMI. GALAKKAN ASTRONOMI PADA ANAK MUDA INDONESIA !

Koleksi photo membuat CAMERA HOLDER TO TELESCOPE:









SEMOGA BERMANFAAT