05 July 2013

GSM Hacking: Cara membuat alat penyadap HP GSM dengan Siemens A50 (Bagian 2)

Alat penyadap HP GSM buatan Mas IW
Ditengah kesibukannya berjualan Siomay Lengkong dipinggir jalan raya Lengkong Nganjuk Jawa Timur Indonesia, Mas IW masih sempat refressing dengan menyalurkan hobinya di bidang elektronika.

Setelah pada bagian 1 kita sampaikan apa yang dilakukan Mas IW, kali ini kita ingin sampaikan bagaimana Mas IW melakukan eksplorasi pada SIM Card.


SIM Card adalah sebuah kartu elektronik (sebut saja IC Program) yang berisi data. Ada 6 pin IC SIM Card yang sering digunakan oleh banyak operator yaitu:
  1. VCC (tegangan supply)
  2. Reset
  3. Clock
  4. I/O (Data)
  5. Vpp (Not Used)
  6. GND (Ground)

Data pada SIM Card ada pada I/O. Arus data antara SIM Card dengan CPU di Handset dilakukan di pin ini.

Untuk mengeksplor data yang ada pada I/O, kita membutuhkan software yang bisa didownload gratis di internet. Selain itu kita juga bisa menggunakan SIM Card Reader yag juga tersedia di toko komputer.




Silakan perhatikan gambar diatas. Sinyal yang ditangkap oleh software diatas adalah sinyal digital (silakan melihat video dibawah). Ada 2 sinyal berbeda tingginya.

Sinyal yang lebih pendek adalah sinyal dari SIM Card. Sedangkan sinyal yang lebih tinggi adalah sinyal dari CPU. Mengapa bisa berbeda? Itu karena Mas IW melakukan peredaman atau attenuasi.

Dengan peredaman ketinggian sinyal digital tersebut, Mas IW bisa tahu sumber dari sinyal pada pin I/O yang ada di SIM Card.

Kalau salah satu tidak diredam, maka semua sinyal data tersebut mempuyai ketinggian yang sama sehingga sulit membedakan mana sinyal yang berasal dari SIM Card dan mana sinyal dari CPU.

Proses tersebut perlu didapatkan untuk mengetahui bagaimana SIM Card berkomunikasi dengan CPU.

Selanjutnya silakan melihat video dibawah bagaimana SIM Card melakukan komunikasi dengan CPU pada proses di pin I/O SIM Card dibawah ini:

video
Proses "LOGIN" di HP GSM