04 July 2013

GSM Hacking : Cara membuat alat penyadap HP | GSM Interception dengan HP Siemens A50 (Bagian 1)

Ilustrasi GSM Interception

Sadap menyadap rupanya menjadi trend terutama ketika KPK dengan sukses melakukan penyadapan terhadap koruptor-koruptor kelas kakap yang beroperasi di Indonesia.

Sebut saja Lutfi Hasan Ishaq , mantan Presiden PKS (Partai Keadilan Sejahtera) yang tertangkap tangan ketika sedang melakukan transaksi HARAM itu.

Dengan bantuan alat penyadap, KPK berhasil meringkus Lutfi Hasan Ishaq.

Alat penyadap yang dimiliki KPK, sudah pasti buatan pabrikan elektronik. Mereka menciptakan peralatan penyadapan dengan fasilitas yang komplit, mulai dukungan finansial, hardware dan software.

Bagaimana dengan hacker?

Kebanyakan hacker yang melakukan hacking, tanpa didukung oleh sarana seperti pabrikan. Biasanya mereka melakukannya dengan BONEK alias Bondo Nekat (modal nekat).

Terus hubungannya dengan Mas IW ?

Kebetulan, suatu hari ada pelanggan Siomay Lengkong yang mampir ke warung Siomay Lengkong milik Mas IW. Kebetulan mereka saling kenal.

Kata Mas IW, saat ngobrol dengan orang itu, ternyata dia membutuhkan alat untuk menyadap HP milik orang lain. Siapakah orang yang HP nya mau disadap itu? He he he, usut punya usut, yang mau disadap adalah selingkuhan laki-laki teman Mas IW yang beli Siomay tadi.

Nah, dengan tawaran itu, Mas IW justru GATEL kalau gak mencoba membuat alat penyadap HP buatan sendiri. Kalau beli jadi mah, itu GAMPANG !

Cari info sana-sini, ternyata di provider masing-masing GSM punya fitur untuk penyadapan itu namun Mas IW tetap pingin membuat alat penyadap HP GSM sambil belajar sistim kerja HP GSM supaya tahu tentang GSM dengan lebih detil.

Terus Mas IW mencoba mengutak-atik sebuah HP merek Siemens A50. Kenapa HP jadul dipakai? Alasan Mas IW karena fiturnya lebih sedikit sehingga lebih sederhana. Selain itu informasi tentang skema rangkaian, cara kerja dll mudah didapat di internet.

Setelah semua pendukungnya sudah siap, Mas IW mulai merangkai satu demi satu alat penyadap HP dari Siemens A50.

Pertama yang dilakukan adalah mempelajari cara kerja SIM Card. Rupanya, didalam SIM Card terdapat kode-kode tertentu untuk dapat mengakses fasilitas GSM ke provider GSM. Ini tidak beda dengan cara kita LOGIN ke email.

Didalam SIM Card, ada Username dan Password yang mengindentifikasikan menjadi sebuah nomor HP yang kita punya. Sebutannya adalah IMSI dan Ki. Kagak usah dijelasin ye, pusing juga gue kalau panjang-panjang nulisnya.

Pokoknya kata Mas IW, kita mesti LOGIN dulu ke provider.

Terus Mas IW mencoba mencari tahu bagaimana bentuk signal dari LOGIN yang dibutuhkan oleh CPU (EGold+ IC Siemens Processor A50) didalam HP untuk LOGIN ke provider.

Silakan dengarkan video dibawah ini supaya tahu kayak apa sih suara dari SIM Card itu. Selanjutnya setelah melihat video dibawah, silakan duduk manis, ntar disambung lain waktu... he he he he:

video
Video diatas adalah suara dari Data I/O SIM Card GSM untuk proses LOGIN saat HP di ON dan saat HP di OFF.