17 July 2013

GSM Hacking: Cara membuat alat penyadap HP GSM dengan Siemens A50 (Bagian 8)

Ruang Kerja Mas IW

Kalau pada posting sebelumnya, Mas IW memberi injeksi pada RF LO dengan HP lain, menurut Mas IW hal itu tidak efisien karena kita membutuhkan 2 buah HP yang berfungsi sebagai ZOMBIE dan REMOTE.

Kali ini Mas IW mau menunjukkan bagaimana cara melakukan penyadapan pada HP GSM dengan Siemens A50 yang lebih efisien.

Menurut Mas IW....lagi :) , cara yang paling sederhana adalah mengendap endap....he he he....

Maksudnya?

Mengendap-endap artinya memonitor atau mengawasi atau sniffer atau sniffing pada lalu lintas data di HP Siemens A50 yang akan dimodifikasi menjadi alat penyadap HP GSM.

Caranya?

Lihat gambar diatas dan video dibawah ini. Cara pertama adalah memberi indikator lampu (biasanya memakai lampu LED). Pada titik-titik lalulintas data yang terjadi antara IC Transceiver dan CPU Hp (EGold+) diberi lampu indicator LED. Dengan lampu indicator LED tersebut, lalulintas data dapat dilihat dan dianalisa.

Lalulintas data yang patut dimonitor dengan teliti adalah data yang dapat menentukan kanal atau frekwensi yang diberikan oleh provider pada EGold+ agar HP dapat berhubungan dengan BTS.

Ada 3 titik yang menentukan kanal atau frekwensi tersebut yaitu titik Sys_STR, Data dan Clock (silakan lihat skema Siemens A50 ). Titik tersebut ada di prosesor EGold+ serta di titik IC Transceiver.

Jadi ketika HP kita nyalakan, EGold+ meminta data dari SIM Card kemudian sending ke provider dan provider memberi data pada EGold+ untuk kemudian melakukan set up frekwensi di IC Transceiver. Begitu prosesnya.

Setelah kita memberi lampu indikator pada titik-titik lalulintas data di HP Siemens A50, kita juga dapat memonitor lalulintas data tersebut dengan bantuan interface yaitu USB Sniffer. Dengan alat ini dan bantuan software monitoring, maka data yang tertangkap oleh interface tersebut akan terbaca dalam bentuk HEX dan dapat kemudian diterjemahkan dalam bentuk Binary (angka 1 dan 0).

Paket data yang terkirim oleh EGold+ maupun SIM Card serta data lain yang dibutuhkan untuk memodifikasi Siemens A50 menjadi alat penyadap, nantinya akan dimodifikasi, diedit, dianalisa dan disesuaikan dengan data dari nomor hp target dengan bantuan software HEX Editor.

Kalau ingin jelasnya, silakan lihat video dibawah ini. Perhatikan kedipan lampu indikator yang dipasang oleh Mas IW pada HP Siemens A50 yang akan dijadikan alat penyadap.

video
Video Siemens A50 dijadikan alat penyadap