29 September 2011

Bangkit dari belenggu fitnah (2)

Usaha IW yang mulai ditekuni sejak 2009 sedikit demi sedikit membuahkan hasil.Setelah mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat dan kemudian mendapat respon positif dari Bank Rakyat Indonesia dengan cara memberi kucuran kredit serta mengikut sertakan usaha IW dalam acara Pesta Rakyat BRI yang akan dilaksanakan pada tahun depan,IW mulai bisa merasakan hasil dari usahanya itu.

Untuk lebih dekat mengetahui keseharian IW dalam menekuni pekerjaannya ini,mari kita korek lebih dalam lagi apa yang dilakukan IW sehari-hari:

Tanya: Mas,kita ingin tahu rutinitas Anda sehari-hari.

Jawab: Baik,saya akan ceritakan apa yang saya lakukan sehari-hari.Terus terang usaha saya masih baru dan belum ada apa-apanya.Keajaiban hidup yang saya alami,sungguh merupakan karunia Allah SWT.Hanya Dia yang bisa melakukan ini semua pada saya dan juga pada Anda semua.

Saya mulai dengan kesibukan awal.Setiap pagi saya harus menyiapkan olahan Bakso sementara istri saya belanja bahan-bahan untuk jualan seperti Somay,Es Doger dll

Untuk lebih jelasnya saya sertakan foto-foto keseharian saya di pasar untuk menggiling bahan Bakso Mlotot kreasi warung saya NiQuNoPo.

Ini adalah foto kesibukan orang-orang yang juga seprofesi menjadi penjual Bakso.Ada yang menetap dan ada juga penjual Bakso keliling.Mereka bersemangat sejak pagi hari.Setelah belanja bahan-bahan Bakso,mereka kemudian meraciknya ditempat itu juga.

Tanya: Di penggilingan Bakso itu juga menyediakan bahan-bahan Bakso?

Jawab: Iya.Kecuali daging.Kita membeli di lain kios.Daging kita giling di penggilingan Bakso itu kemudian diberi bumbu sesuai dengan racikan masing-masing.

Tanya: Racikannya sama atau berbeda?

Jawab: Setiap penjual Bakso punya resep masing-masing.Daging juga begitu.Ada yang menggunakan daging sapi saja.Ada juga yang menggunakan daging ayam dan ada yang mencampur antara daging sapi dan daging ayam.Kemudian daging gilingan itu setelah diberi bumbu-bumbu lalu digiling pada loyang penggiling Bakso dengan kecepatan tinggi.

Tanya: Wow gede juga loyangnya Mas...

Jawab: Iya lah.Mereka melayani bukan cuman penjual Bakso kecil tetapi ada juga penjual Bakso besar.Rata-rata mereka menggiling Bakso dengan daging minimal 1 kilo.Yang saya tahu pedagang besar menggiling Bakso sekitar 5 kilo daging sapi.Mungkin ada juga yang 10 kilo tetapi jarang.

Tanya: Kenapa?

Jawab: Kota saya masing kecil jadi jarang ada penjual Bakso kelas besar diatas 10 kilo.Rata-rata masih dibawah 5 kilo.

Tanya: Bahan-bahan Bakso itu apa saja Mas?

Jawab: Bumbunya?Maksudnya?

Tanya: Betul.Bumbu dan ramuan Bakso nya.

Jawab: Oh itu sudah tersedia dalam bentuk jadi.Macam-macam.Ada yang bermerk Basoku,Tepung Bakso atau Prima.

Tanya: Yang mana yang bagus hasilnya...

Jawab: Yang sering digunakan penjual Bakso untuk bumbu Bakso biasanya menggunakan merk Prima tetapi ya tergantung selera.Saya sudah coba riset beberapa bahan Bakso itu.Setiap bumbu punya ciri khas.Kalau merek Tepung Bakso hasilnya kenyal tetapi ngaret,sedang merek Basoku hasilnya kenyal tetapi nggak ngaret sama dengan merek Prima.

Tanya: Jadi Mas coba satu-satu gitu?

Jawab: Iya.Saya mencari olahan yang paling oke sehingga saya tahu karakter hasil olahannya.Nah kalau sudah begitu kita bisa improvisasi.Mau yang bagaimana rasa Bakso nya.

Tanya: Oke terus bahan yang lain?

Jawab: Soal tepung juga macam-macam.Ada dari Aren,Sagu atau Tapioka.Masing-masing juga punya ciri khas.Kalau saya lebih cenderung pakai tapioka karena hasilnya lebih putih,sedang kalau aren agak hitam dan kalau pakai sagu kenyalnya ngaret gitu.

Tanya: Foto-foto yang Mas sertakan lengkap juga nich,mudah-mudahan pembaca blog dapat mengetahui proses membuat Bakso.Siapa tahu ikutan jadi penjual Bakso he he he

Jawab: Boleh kalau ada yang berkeinginan menjadi pengusaha kecil yang menjual Bakso.Kalau kurang jelas bisa kontak saya kok...

Tanya: Asik nggak Mas jadi pengusaha Bakso...

Jawab: Kebetulan saya jualan makanan.Bakso dan Somay.Jadi setiap hari bisa makan.Cuman lama-lama ya bosan.Nanti saya berencana mau tambah menu Batagor biar komplit he he he

Tanya: Wah hebat Mas,semoga sukses aja jualannya.

Jawab: Terimakasih,saya akan mencoba bangkit sedikit demi sedikit aja.Luka saya parah jadi kesembuhannya lama.

Tanya: Ha ha ha oke,ketahanan tubuh Mas sungguh luar biasa.Bekerja setiap hari cuman tidur 4 jam sehari...

Jawab: Alhamdulillah.Saya masih sehat.Allah memberi saya tubuh dan otak yang sehat dan berhati.Yang penting kemampuan kita jangan dipakai untuk keburukan...

Tanya: Kayak memfitnah gitu?

Jawab: He he he kalau kita punya kemampuan kemudian dipakai memfitnah,wah hancur dunia ini...

Tanya: Ha ha ha bisa aja Mas...oke kita sudahi dulu ya Mas.Foto-foto ini cukup untuk menceritakan keseharian Mas dalam merintis usaha Bakso Mlotot,Somay Gepeng dan Es Doger Pink.Terimakasih kesempatannya,sampai ketemu lagi...